Voice from Heaven

December 16, 2010

INTINYA ADALAH KEPUTUSAN KITA

Shallom sahabat RK.

"Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN. Dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; jangan takut kepada mereka."
(Bilangan 14:9).

Ayat di atas adalah salah satu cuplikan dari kisah 2 pengintai yang meyakini bahwa Israel mampu mengalahkan bangsa yang berdiri koko dengan pertolongan Tuhan dan mampu merebut negeri tersebut karena pertolongan TUHAN.

Ada yang menggugah kesadaran saya sewaktu saya merenungkan ayat ini. Dimana bagian kalimat tersebut berkata "Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN. Dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu..."

8 dari 10 pengintai membebsar-besarkan masalah. Sehingga nyali Israel lemah. Namun 2 dari 10 diantaranya meneguhkan Israel dengan membawa nama TUHAN.

Dari berita yang dibawa oleh 2 pengintai ini ada pesan yang ditekankan, yaitu;
1. Jangan memberontak kepada TUHAN
2. Janganlah takut kepada bangsa negeri itu.

Kenapa sih harus ada nasehat agar tidak memberontak kepada TUHAN? Ya, karena Israel sudah mendengar info yang dibesar-besarkan dan kedua pengintai ini (Yosua dan Kaleb) sangat mengenal Israel yang mudah putus asa dan mudah melawan TUHAN saat dalam masalah. Sebab bila memberontak kepada TUHAN, pasti akan ada sikap atau keputusan2 yang diambil dari pemikiran sendiri yang tentunya lebih salah lagi.

Nah, inti dari yang kita pelajari hari ini adalah;
Apakah yang menjadi beban kita?
Mungkinkah kita tak sanggup dengan tantangan hidup?
Lelahkah kita dengan tekanan hidup ini?
Banyakkah masalah yang sedang kita hadapi?

Jawaban terpenting sekarang ada pada tema renungan kita dan ayat peneguh di atas.
JANGAN MEMBERONTAK KEPADA TUHAN walau dalam tekanan. Ini adalah wujud penyerahan atau kepercayaan kita kepada Tuhan akan hidup kita.

DAN
JANGANLAH TAKUT DENGAN SEMUA BEBAN HIDUP YANG MENGHIMPIT KITA (Jangan takut kepada bebrbagai masalah hidup yang sedang menimpa kita). Karena sebenarnya Tuhan ingin melihat action atau tindakan kita dalam iman (Mau melangkah atau menyerah).

INTINYA ADALAH KEPUTUSAN KITA
Mau percaya dan belajar terus berserah kepada Tuhan dan selalu mencoba untuk tidak takut. ATAU JUSTRU sebaliknya., menyerah tanpa hasil apa-apa.

Tuhan Yesus menyertai kita.

0 comments:

free counters