Voice from Heaven

March 27, 2010

"IBLIS, LAWAN TANPA RASA PUTUS ASA."


Shalom sahabat grup Renungan Singkat Untukmu.
Damai dan pertolongan Tuhan kita, Yesus Kristus selalu hadir dan ada bagi kita semua, amin.

Renungan hari ini ayat renungan kita diambil dari Ayub 2: 5-6.
“(5)Tetapi ulurkanlah tangan-Mu dan jamahlah tulang dan dagingnya, ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu. (6)Maka firman TUHAN kepada Iblis: ‘nah, ia dalam kuasamu; hanya sayangkan nyawanya.”

Sadarkah kita bahwa Iblis itu dalam sejarah Alkitab dikisahkan sebagai sosok yang mengelilingi dan menjelajah bumi? (baca Ayub 2: 2). Untuk apa? Untuk menemukan umat Tuhan yang setia Ayat 3 “Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub?” kata Tuhan kepada Iblis. Taukah kita bahwa Iblis setiap hari selalu mengamat-amati umat Tuhan? (Dari ayat 3 ada pengakuan Iblis di ayat 5 mengenai Ayub, “… ia pasti mengutuki Engkau di hadapan-Mu.” Iblis mencari jalan lain untuk menjatuhkan Ayub. Taukah kita, bahwa Iblis pernah mengajukan permohonan kepada TUHAN agar TUHAN melepaskan perlindungan atas harta, keluarga, kekayaan dan semuanya tubuh Ayub agar bias dikutuk Iblis? (ayat 5) Taukah kita bahwa setiap Iblis gagal menggoda/menjatuhkan kita, dia akan mencoba hal lain dikesempatan lain? (ayat 4 dan 5).

Tema renungan ini bukan mengangkat nama Iblis. Namun menjelaskan bahwa lawan kita bukanlah lawan yang lemah. Oleh sebab itu, apakah yang dapat kita lakukan untuk menghadapi dia (Iblis?). Ayat 6 berkata bahwa TUHAN mengijinkan Iblis menjalankan rencana jahatnya kepada Ayub. Namun ternyata, TUHAN membatasi Iblis dalam kejahatannya kepada Ayub umat-Nya. TUHAN berkata; “… hanya sayangkan nyawanya.” Artinya, TUHAN akan tetap memantau Ayub dan bersama dengan Ayub, karena TUHAN tetap memegang nyawa Ayub. Dan TUHAN juga selalu mengawasi kerja Iblis.

Tuhan yang memegang nyawa kita, hidup kita dan keadaan kita. Sebagaimana Dia memegang nyawa Ayub, Dia juga memelihara kita. Lawan yang tidak kelihatan itu (Iblis) akan bias dilawan dengan kekuatan yang tidak kelihatan juga, yaitu Yesus dalam kekuatan Roh Allah. Jadi, MARI SERHAKAN HDIUP PADA TUHAN YESUS, agar kita tidak selalu jatuh dalam berbagai-bagai pencobaan, amin.

Tuhan Yesus memberkati.

0 comments:

free counters