Voice from Heaven

May 26, 2010

MEMILIKI JATI DIRI KRISTEN YANG UNIK

(FILIPI 4:4-7)

4)Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!
5)Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!
6)Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
7)Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Taukah kita bahwa hidup kita itu dikelilingi oleh kasih anugerah Tuhan?
Sadarkah kita bahwa dalam mengikut Tuhan kita selalu menemukan tantangan hidup?

Tetapi yang terpenting lagi dalam hidup kita adalah:
Yakinkah kita menjadi pribadi Kristen yang unik? Dalam arti ketika kita menjadi umat yang sudah diselamatkan Yesus. Ada beberapa gaya hidup yang berbeda yang harus kita tampilkan pada dunia.

Apa saja gaya hidup yang berbeda itu sehingga kita bisa MEMILIKI JATI DIRI KRISTEN YANG UNIK?

1. BERSUKACITA SENANTIASA DALAM TUHAN (ayat 4)
Ini memiliki satu pesan bahwa kita harus terlihat berani dengan semua keadaan dan berani menghadapi masalah dengan selalu tetap bersukacita. Selain itu, dengan terus bersukacita, kita mendapatkan pemeliharaan Tuhan atas tubuh jasmani kita, yaitu kesehetan (hati yang gembira adalah obat, kata Amsal). Jadi adakah kita mau untuk hidup dalam kemurungan karena masalah2 yang kita hadapi? INGAT! Bersukacita senantiasa itu adalah kunci untuk menghadapi kemelut hidup dengan tenang dalam Tuhan. APAKAH KITA MAU KEHILANGAN SUKACITA KITA HARI INI?

2. BERLAKU BAIK PADA BANYAK ORANG (ayat 5)
Eemm…, saya memikirkan ayat ini, kenapa harus ada penekanan supaya kebaikan hati kita diketahui banyak orang. Dari akhir ayat 5 ada kata penutup yaitu “Tuhan sudah dekat.” Saya tidak membahas arti Tuhan sudah dekat. Karena bisa panjang. Namun intinya adalah kebaikan kita yang diketahui banyak orang itu dapat mempermuliakan nama Tuhan kita, Yesus Kristus. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa sikap baik kita yang diketahui banyak orang akan menggerakkan banyak orang membantu kita sewaktu kita nanti dalam masalah. TIDAK ADA YANG TAHU APA YANG AKAN DIKERJAKAN OLEH TUHAN KEPADA UMAT-NYA yang rajin berbuat baik.
3. BERANI BERSIKAP BERSERAH PADA TUHAN UNTUK MELAWAN KEKUATIRAN (ayat 6)
Yesus berkata kepada pengikut-Nya waktu itu bahwa tidak ada sesuatupun yang dihasilkan oleh kekuatiran. Bila kita hidup dalam kekuatiran. Nah, dalam poin dan ayat ini. Kita diberikan solusi untuk keluar dari masalah kita, yaitu dengan “menyatakan semua kekuatiran kita itu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. KUATIR DENGAN MASALAH KELUARGA, DENGAN MASALAH PEKERJAAN, KUATIR BILA DIFITNAH, KUATIR NANTI DIJATUHKAN TEMAN, DLL. Bawalah semua keluh kesah yang membuat kita kuatir itu kepada Tuhan dalam doa dan permohonan. Inilah keunikan kita dalam Tuhan. Selalu saja ada jalan keluar dalam Tuhan. Amin.

4. MEMILIKI DAMAI SEJAHTERA YANG DARI ALLAH SENDIRI (ayat 7)
Kurang enak apa kita menjadi milik Yesus? Dilepaskan dari cengkraman maut dan dijamin dengan darah Yesus untuk masuk Kerajaan Surga. Masih mendapatkan damai dari Allah secara langsung dalam hidup kita. Dan tidak tanggung2, bahwa damai dari Allah itu melampaui segala akal kita. Dimana akal kita itu sering mencoba untuk menerima kemuliaan Tuhan dengan logika. ADAKAH KITA MAU KEHILANGAN DAMAI SEJAHTERA DARI ALLAH YANG KITA DAPATKAN DENGAN GRATIS DALAM KASIH KRISTUS MELALUI KUASA ROH KUDUS-NYA?

Sahabat RSU. 4 hal ini kiranya bisa menjadi penyemangat hidup kita. Bahwa segala yang ada dalam hidup kita ini selalu bersumber dari Tuhan untuk kesenangan kita.

Keunikan kita adalah:
Dalam setiap tantangan kita TETAP MEMILIKI SUKACITA, MASIH MAMPU BERBUAT BAIK KEPADA SEMUA ORANG, TIDAK KUATIR MENGENAI KEHIDUPAN KITA KARENA KITA BERSERAH KEPADA KRISTUS TUHAN DAN KITA MEMILIKI DAMAI YANG BERSUMBER DARI ALLAH SENDIRI.

ANDA DAN SAYA ADALAH ORANG KRISTEN YANG DIJADIKAN HEBAT OLEH TUHAN KITA YESUS KRISTUS. AMIN.

tuhan yesus menyertai kita semua, amin.

0 comments:

free counters