Voice from Heaven

March 27, 2010

PILIH TEPAT ADA DI TEMPAT YANG TEPAT

Renungan kita hari ini diambil dari Kejadian 13:10, 14-15 dan 17.
“(10)Lalu Lot melayangkan pandangannya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh Lembah Yordan banyak airnya, seperti taman TUHAN, seperti anah Mesir sampai ke Zoar. –Hali itu terjadi sebelum TUHAN memusnahkan Sodom dan Gomora. (14)Setelah Lot berpisah dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari rempat engkau berdiriitu ke timur dan barat, utara dan selatan, (15)sebab keseluruh negeri yang kau lihat itu akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya. (17)Bersiaplah, jalanilah negeri itu menurut panjang dan lebarnya, sebab kepadamulah akan Kuberikan negeri itu.”

Ada masalah antara Abram (yang disebut Abraham karena imannya kepada TUHAN) dan Lot yang masih memiliki hubungan saudara. Karena harta kekayaan dan ternak mereka sama-sama banyak. Membuat para gembala betengkar. Hal ini membuat Abram mengambil keputusan yang bijak agar Lot memilih terlebih dahulu, wilayah mana yang dianggap Lot baik untuk dipilih. SIFAT MANUSIA selalu memandang yang terbaik berdasarkan apa yang dilihat. Akhirnya Lot memilih wilayah Lembah Yordan yang melimpah air. Cukup untuk kebutuhan ternak dan keluarga pikirnya. Lalu bagaimana dengan Abram. MUNGKIN Abram sempat kecil hati, karena pada ayat 14 ada penghiburan dari TUHAN, dimana Abram diminta untuk mengamat-amati wilayah yang ada disekitarnya. Dan di ayat 15-17 terdapat janji TUHAN bagi Abram.

Setelah Lot memilih apa yang dia pandang baik. Apakah yang terjadi sekian waktu kemudian terhadap diri Lot? Apa yang dia pandang baik, aman dan mencukupi semua kebutuhannya ternyata hanya pilihan sesaat. Lot ternyata tinggal diantara orang-orang yang tidak benar di hadapan TUHAN. Sehingga, dimana tempat yang dia anggap aman ternyata dilenyapkan TUHAN. Namun Abram yang diam menjalani hidupnya mendapat pertolongan TUHAN. Mendapat penghiburan TUHAN.

Kita sering diperhadapkan dengan pilihan. Hari ini atau besok, kita akan selalu menemukan plihan-pilihan yang sulit dan bahkan bisa saja menjebak kita untuk menuju kehancuran. JANGANLAH kita memilih sesuatu tanpa suatu komunikasi yang indah dengan Kristus. Berdiam dan berharaplah kepada Kristus sebagai Penolong. Maka pemeliharaan bapa Abraham dari Allah, akan terjadi juga kepada kita.

Tuhan Yesus memberkati hidup dan semua aktfitas kita selali, amin.

0 comments:

free counters