Voice from Heaven

June 12, 2010

CALON ISTRI & ISTRI IDAMAN YANG TERPUJI AMSAL 31: 1 DAN 30.

Syallom sahabat Renungan Kasih

1)Istri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata.

30)Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi istri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.

Shallom sahabat RSU. Wow... tema renungan kita hari ini adalah SPECIAL EDITION. Kenapa saya katakan edisi khusus? Ya, karena berkaitan dengan kaum Hawa yang layak tuk diangkat dan diberikan semangat untuk menjalankan tanggung jawab. Baik yang sedang mempersiapkan diri untuk masuk dalam dunia keluarga atau yang sudah berkeluarga.

SAYA BELUM BERKELUARGA. NAMUN SAYA JUGA HERAN DENGAN DIRI SAYA, MENGAPA SAYA HARUS MEMBAGIKAN RENUNGAN INI? AWALNYA SAYA COBA UNTUK MENGGANTINYA. NAMUN HATI SAYA MENOLAK DAN HARUS MEMBAGIKAN RENUNGAN INI. LALU SAYA BERPIKIR BAHWA ADA YANG AKAN TUHAN KUATKAN DARI RENUNGAN INI. ENTAH ITU PARA IBU, CALON IBU RUMAH TANGGA ATAU JUGA PARA SUAMI DAN JUGA PARA CALON SUAMI. SAYA TIDAK TAU DAN HANYA TERUS BERDOA AGAR RENUNGA INI SESUAI DENGAN KEHENDAK TUHAN.

HALO IBU-IBU.../KAUM HAWA... TUHAN MEMPERHATIKANMU... ^_^

Wanita adalah 1 pribadi yang khusus diciptakan oleh Tuhan untuk menjadi pendamping seorang lelaki. Seorang lelaki tidak akan merasa lengkap hidupnya bila pada usia matang dan ingin berkeluarga tetapi tidak memiliki seorang pendamping hidup yang sepadan dengan wanita yang diidamkan.

Para lelaki boleh saja memiliki kriteria calon istri atau istri yang diidamkan (cantik, tubuh yang indah/molek, dsb). Namun perlu disadari bahwa TERNYATA letak kekuatan calon istri dan yang sudah menjadi seorang ibu rumah tangga adalah TAKUT AKAN TUHAN (ay. 30). JANGAN SALAH! INI ADALAH UNGKAPAN/PENGAKUAN DARI SEORANG PRIA YANG SUDAH BERKELUARGA DAN YANG MEMPERHATIKAN ISTRINYA/PARA WANITA YANG BERTANGGUNG JAWAB DALAM KELUARGA LHO...! NAMANYA ADALAH BAPAK LEMUEL, RAJA MASA (31:1). Ini hasil didikan ibunya. Wow... ternyta peran ibu sangat besar dalam masa depan sang anak yang dilahirkannya. Inilah luar biasanya perempuan2 yang takut akan Tuhan dan terlebih yang sudah memikul tanggung jawab sebagai istri dalam keluarga. Tuhan memberkati kalian semua.

Pada Amsal 31: 10 dikatakan: Istri yang cakap siapakah yang akan mendapatkannya?
Wow... pertanyaan yang sangat menantang. Maksudnya seperti ini. Setiap lelaki memilih calon istri bukan sekedar membangun rumah tangga saja. Namun menemukan 1 pendamping yang benar2 bijaksana untuk menolong hidupnya sebagai kepala keluarga. Masalahnya, ada seorang istri yang taunya suaminya itu kerja enak dan dapat mencukupkan semua kebutuhan keluarga. Ada yang hanya menuntut tanpa mengimbangi dengan memberi semangat dan mandiri (bukan melupakan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga ya... ^_^). Idealnya dalam ayat 10 ini adalah seorang lelaki mendambakan seorang istri yang cakap. Cakap dalam hal apa?

Seorang istri yang cakap adalah seorang istri yang:
1. Belajar memahami hati suami (11)
2. Dia berusaha berlaku baik untuk sang suami, tetapi masih diijinkan untuk mengungkapkan keberatan2nya pada suami/mengkomunikasikan masalah dengan suami dengan cara baik2 (12)
3. Memahami suami dan mandiri. Bukan sekedar asal terima jadi (13)
4. Bertanggung jawab atas kebutuhan suami. Melayani keperluan suami. Menyediakan makanan untuk suami. Tanggung jawab keperluan suami ini tidak diserahkan kepada pembantu. Tetapi dilakukan sendiri sebagai seorang istri yang baik (15a)
5. Bila memiliki pembantu, selalu memberitahukan tugas dan tanggung jawab kepada pembantunya. Apa yang harus dikerjakan mereka dan batasan-batasan yang harus mereka perhatikan (15b)
6. Dia adalah istri yang cekatan. Memperhatikan peluang2 yang ada untuk membantu peekonomian keluarga (16, 18)
7. Dia menjaga keluarganya dengan memperhatikan lingkungan sekitarnya dan berbuat baik atas sekitarnya dengan menolong yang kurang mampu/memiliki masalah (Namun harus bijak. Tidak boleh membantu orang yang berpura-pura). Ini adalah langkah yang baik. Karena dia menabur benih yang baik untuk sewaktu-waktu memiliki masalah. Keluarganya juga akan ditolong oleh orang lain juga. Bila keluarga diijinkan Tuhan mengalami masalah, lingkungan sekitar tidak bersorak-sorak. Tetapi akan datang dan menghibur (20)
8. Terus belajar untuk mengatur waktu, kerja dan tanggung jawab untuk keluarga. Sehingga semua yang berkaitan dengan keperluan-keperluan keluarga di masa depan telah dipersiapkan dengan baik (21, 22)
9. Menjaga nama baik suami. Bisa berkaitan dengan memperhatikan cara berpakaian suami waktu akan menghadiri acara-acara tertentu atau akan pergi ketempat kerja. Seperti contohnya: “Pa, kayaknya lebih cocok kalau bajunya pake yang warna hitam garis2 kemarin deh. Dan dasinya yang warna ini. Gimana?” Lalu melayani suami dalam rumah. Sehingga keluarga menjadi berkat bagi banyak orang. Kalau bertengkar tidak harus koar2 sehingga tentangga mendengar dan berkata “wah, pak Ribut Syalom sengsara hidupnya. Punya istri bawel, manja, banyak tingkah, dll.” Ini adalah kegagalan seorang istri untuk menjadi cakap bagi suami (23)
10. Mampu memfungsikan apa yang dia miliki untuk mengumpulkan penghasilan-penghasilan kecil bagi masa depan keluarga/anak-anaknya (24-25)
11. Bijaksana saat berada dilingkungan sosial (Dalam bertuturkata. Ini ada kaitannya dengan no. 9). Selain itu dia juga pendidik yang baik untuk anak-anaknya. Dengan selalu bertutur lembut baik saat mendidik maupun menegur/mendisiplin (Bukan berarti lemah). (26)
12. Sadar dan bertanggung jawab atas tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga (27)
13. Akan disayang/dikasihi oleh anak-anaknya (28a)
14. Suaminya juga akan memperhatikan kerajinannya dan berbahagia memiliki istri yang cakap (28b dan 29)
15. Secara langsung atau tidak langsung. Semua perbuatan dan tanggung jawabnya yang dilakukan dengan benar akan mendapatkan pujian dari lingkungan (tetangganya) bahkan oleh keluarganya sendiri yang mengasihinya (31)

JADI:
WANITA/ISTRI YANG CAKAP APAKAH WANITA/ISTRI YANG MEMILIKI WAJAH CANTIK DAN BERTUBUH MOLEK?

Itu bukan 1 dasar yang kuat. Tetapi istri/wanita yang cakap adalah yang takut akan TUHAN. Karena, bila dia takut akan TUHAN. Pasti dia akan melakukan semua tanggung jawabnya dengan tekun.

RENUNGKAN KEMBALI AMSAL 31:10 DAN 30. INI ADALAH FAKTA.

Bagi suami2 silahkan terus memuji istri2 anda (MAAF, SAYA BELUM BERKELUARGA. NAMUN INI ADALAH HATI SAYA YANG INGIN MEMBAGIKAN RENUNGAN INI ^_^)

Dan untuk istri2/ibu-ibu semua. Saya mendukung semuanya untuk melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga dalam takut akan TUHAN.

Percayalah bahwa suami ibu-ibu semua mencintai dan bangga pada ibu-ibu semua bukan karena wajah dan bentuk tubuh ibu yang mempesona (walau tidak dipungkiri bahwa sering lelaki/suami itu memilih). Namun dalam takut akan TUHAN dan cakap dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga yang baik. Itulah letak kekuatan ibu-ibu semua untuk dicintai sang suami. KALAU TIDAK DEMIKIAN, ARTINYA IBU-IBU PERLU BERDOA SECARA PRIBADI UNTUK SUAMI IBU ^_^

1 HAL YANG TIDAK BOLEH DILUPAKAN ADALAH “IBU-IBU/WANITA ITU ADALAH PENOLONG LELAKI! (KEJADIAN 2: 18)

JADI WANITA ITU TANGGUH DAN HEBAT.

SELAMAT MELAYANI KELUARGA DALAM TAKUT AKAN TUHAN.
JERIH LELAH IBU-IBU SEMUA DIPERHITUNGKAN OLEH TUHAN UNTUK SESUATU YANG INDAH BAGI IBU DAN KELUARGA.

0 comments:

free counters