Pokok Bahasan :
Dikuasai Roh pada hari Tuhan.Istilah "hari Tuhan" biasanya menunjuk pada kedatangan Kristus yang ke dua kali,tetapi disini tidak dapat diartikan seperti itu. Perlu diketahui disini digunakan istilah yunani yang berbeda dengan istilah hari Tuhan di tempat lain. Disini digunakan istilah the Lord's day,pada bagian lain adalah the day of the Lord (2 Ptr 3:10 ; 1 Tes 5:2 ; Kis 2:20 )yang menunjuk pada kedatangan Yesus yang kedua kali.Hari Tuhan dapat menunjuk pada hari minggu,yang sejak pada kebangkitan Yesus dan pentakosta (pencurahan roh kudus),yang kedua jatuh pada hari minggu,merupakan hari ibadah atau hari untuk Tuhan (Kis 20:7 ; 1 Kor 16:1-2) . William Barclay mengatakan ,pada awal abad kedua hari sabat telah ditinggalkan dan hari Tuhan telah diterima sebagai hari kristen. Akan tetapi Peter Wongso menyatakan bahwa hari Tuhan yang di maksud Yohanes ini berarti hari dimana Kristus menampakan kemuliaanyaNya,yang tentu saja tidak terbatas oleh waktu dan ruang ,pada hari apapuyn Ia sanggup menampakan kemiliaanNya.
Aku dikuasai oleh Roh dalam bahasa inggris dikatakan I was in the Spirit (Aku ada dalam Roh),kata spirit ditulis dalam huruf besar,menyatakan bahwa Yohanes berada di dalam roh kudus (juga dalam Why 4:2 ;17:3 ;21:10). Kalimat iini ditulis dalam bentuk second aorist yang secara hurufiah berarti Aku sudah masuk kedalam roh .Dalam PB ungkapan demikian dikaitkan dengan Roh Kudus ataupun dikuasai oleh Roh Kudus (band.Luk 4:1,18-19 ;Mat 12:28;22:43).Jadi,kita tidak boleh menafsirkan bahwa tubuh Yohanes dalam kondisi rohani atau Yohanes tidak sadar seperti kerasukan roh atau sedang mimpi.Karena pimpinan Roh Kudus itu tidak mematikan rasio,perasaan dan kehendak manusia. Istilah penuh dengan Roh dalam Efesus 5:18 sama dengan dikuasai atau dipimpin oleh Roh.
Aplikasi : Firman Tuhan ini diberikan bukanlah sekedar hasil imajinasi dan pemikiran manusiabelaka,tetapi dituliskan dalam bimbingan Roh Kudus,oleh sebab itu firmanNya ini dapat Anda andalkan !
Dikuasai Roh pada hari Tuhan.Istilah "hari Tuhan" biasanya menunjuk pada kedatangan Kristus yang ke dua kali,tetapi disini tidak dapat diartikan seperti itu. Perlu diketahui disini digunakan istilah yunani yang berbeda dengan istilah hari Tuhan di tempat lain. Disini digunakan istilah the Lord's day,pada bagian lain adalah the day of the Lord (2 Ptr 3:10 ; 1 Tes 5:2 ; Kis 2:20 )yang menunjuk pada kedatangan Yesus yang kedua kali.Hari Tuhan dapat menunjuk pada hari minggu,yang sejak pada kebangkitan Yesus dan pentakosta (pencurahan roh kudus),yang kedua jatuh pada hari minggu,merupakan hari ibadah atau hari untuk Tuhan (Kis 20:7 ; 1 Kor 16:1-2) . William Barclay mengatakan ,pada awal abad kedua hari sabat telah ditinggalkan dan hari Tuhan telah diterima sebagai hari kristen. Akan tetapi Peter Wongso menyatakan bahwa hari Tuhan yang di maksud Yohanes ini berarti hari dimana Kristus menampakan kemuliaanyaNya,yang tentu saja tidak terbatas oleh waktu dan ruang ,pada hari apapuyn Ia sanggup menampakan kemiliaanNya.
Aku dikuasai oleh Roh dalam bahasa inggris dikatakan I was in the Spirit (Aku ada dalam Roh),kata spirit ditulis dalam huruf besar,menyatakan bahwa Yohanes berada di dalam roh kudus (juga dalam Why 4:2 ;17:3 ;21:10). Kalimat iini ditulis dalam bentuk second aorist yang secara hurufiah berarti Aku sudah masuk kedalam roh .Dalam PB ungkapan demikian dikaitkan dengan Roh Kudus ataupun dikuasai oleh Roh Kudus (band.Luk 4:1,18-19 ;Mat 12:28;22:43).Jadi,kita tidak boleh menafsirkan bahwa tubuh Yohanes dalam kondisi rohani atau Yohanes tidak sadar seperti kerasukan roh atau sedang mimpi.Karena pimpinan Roh Kudus itu tidak mematikan rasio,perasaan dan kehendak manusia. Istilah penuh dengan Roh dalam Efesus 5:18 sama dengan dikuasai atau dipimpin oleh Roh.
Aplikasi : Firman Tuhan ini diberikan bukanlah sekedar hasil imajinasi dan pemikiran manusiabelaka,tetapi dituliskan dalam bimbingan Roh Kudus,oleh sebab itu firmanNya ini dapat Anda andalkan !
0 comments:
Post a Comment